kesejukan dan keasrian yang dirindukan di lapangan pancasila

Pagi di Salatiga dengan udara dingin yang masih menyertai merupakan satu kesan tersendiri. Kota kecil yang ada di lereng Gunung Merbabu ini memberikan nuansa keasrian yang masih terjaga dan kenyamanan menjalani keseharian kehidupan. Apalagi jika melakukan aktivitas pemulai hari di daerah Lapangan Pancasila, lapangan yang menjadi sentra perkumpulan warga untuk olahraga pagi, bercengkrama bersama keluarga, atau kegiatan lainnya. Akhir pekan menjadi waktu ramainya tempat ini dikunjungi dengan banyaknya warga yang melepas penat rutinitas keseharian dan dibutuhkannya ruang terbuka hijau untuk menyegarkan diri sejenak.

P1090604Lapangan Pancasila merupakan tempat yang sudah melekat dengan keberadaan kota Salatiga. Tanpa adanya lapangan ini akan terasa ada yang kurang dengan Salatiga. Kesejukan khas lereng pegunungan sulit didapatkan jika di kota satu ini tidak diberikan ruang luas berupa kawasan tertentu untuk merasakannya. Beruntunglah Salatiga telah memiliki Lapangan Pancasila ini. Suatu tempat yang relatif luas berbentuk lapangan semacam alun-alun dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang memberikan nuansa kesejukan tersebut.

P1090610Saya tidak tahu persis alasan mengapa lapangan ini dinamakan dengan Lapangan Pancasila. Warga Salatiga sudah sedemikian lazim menyebut lapangan ini dengan nama seperti itu alih-alih dengan menyebutnya sebagai alun-alun kota. Memang pada pinggir lapangan ini terdapat sebuah tugu monumen dengan bagian atasnya adalah lambang Garuda Pancasila. Tugu ini merupakan penanda khas dari lapangan ini dan juga sebagai bentuk penghargaan serta mengenang jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan. Pada monumen ini, berdiri tegak dengan gagahnya patung tiga tokoh pahlawan yang berasal dari Kota Salatiga ini, yaitu Brigjen Sudiarto, Marsekal Muda Adi Sutjipto, dan Laksamana Madya Yos Sudarso. Uniknya masing-masing dari pahlawan ini mewakili satu bagian dari armada tentara dengan Brigjen Sudiarto yang aktif dengan angkatan daratnya, Marsekal Muda Adi Sutjipto dengan angkatan udaranya, dan Laksamana Madya Yos Sudarso dengan angkatan lautnya. Seragam dinas yang digambarkan pada patung tersebut juga menampilkan kekhasan dari masing-masing bagian armadanya.

Lapangan Pancasila terletak pada daerah yang strategis di pusat kota Salatiga. Sebagaimana lazimnya alun-alun pada kota lainnya, lapangan ini berada tidak jauh dari sentra pemerintahan kota. Jalan Letjend Sukowati yang berada di timur lapangan ini merupakan jalan dengan bangunan pemerintah kota yang berjejer rapi, termasuk Kantor Walikota yang letaknya ada di seberang persis Lapangan Pancasila. Jalan ini juga merupakan penghubung lapangan dengan pusat keramaian kota. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jalan kaki untuk dapat sampai menuju pusat kota dari Lapangan Pancasila. Tak hanya Kantor Walikota yang berada di sekeliling lapangan ini, bangunan penting lainnya seperti Masjid Raya Darul Amal dan Kantor Polres Salatiga juga ada di sana.

P1090592Banyak hal yang dapat dilakukan saat berada di Lapangan Pancasila. Apalagi saat akhir pekan di pagi hari menjadi momen padat berkumpulnya warga. Ada yang melakukan olahraga pagi berupa jogging lari-lari kecil, ini yang menjadi aktivitas favorit sebagian besar warga. Ada yang mengajak anak-anak kecilnya untuk bermain kendaraan mobil-mobilan semacam ATV yang disewakan untuk berkeliling mengitari lapangan. Ada yang bercengkerama sekadar menikmati udara hijau di pagi hari bersama keluarga atau teman terdekat. Warung-warung yang menjajakan sarapan atau panganan tersebar di sekitar lapangan dan menjadi tempat nongkrong yang pas.

Saya sendiri lebih menyukai untuk membaca informasi dan berita terkini pada papan koran dan pengumuman yang disediakan di salah satu bagian pinggir lapangan ini. Papan ini termasuk papan yang sering dikunjungi oleh warga dengan tujuan yang sama. Tidak hanya membaca papan ini saja, hal lain yang menjadi favorit saya adalah menikmati pemandangan Gunung Merbabu yang tampak memukau di sebelah selatan Lapangan Pancasila jika cuaca sedang cerah. Dengan hanya nongkrong pada salah satu warung yang tersedia sembari menikmati jajanan dan disuguhi pemandangan cantik semacam itu sudah menjadi kepuasan sendiri bagi saya. Biasanya saya juga menyempatkan untuk mampir ke toko buku langganan saya yang ada di area samping Kantor Polres dan kalau sudah waktunya sholat akan singgah ke Masjid Raya Darul Amal yang megah itu.

P1090591Lapangan Pancasila memang memberikan ruang terbuka hijau yang dibutuhkan warga Salatiga. Pepohonan besar dan rimbun masih dipelihara sekeliling pinggir lapangan. Ini yang menjadi keunggulan lapangan ini. Warga yang hendak melakukan aktivitas olahraga pagi akan merasa sejuk dan sekarang ini sudah ditunjang juga dengan jalur track jogging yang cukup lebar di pinggir lapangan. Pengaturan pedagang jajanan juga sudah rapi dengan dilokalisasikan pada satu area tertentu sehingga tidak membuat semrawut pemandangan. Gunung Merbabu juga masih dapat terlihat tidak tertutupi oleh pembangunan gedung-gedung yang belakangan ini semakin memadati area sekitar lapangan.

Kota Salatiga saat ini tengah mengalami pembangunan yang masif di mana-mana. Semoga Lapangan Pancasila akan selalu memberikan nuansa hijau yang menyejukkan dan menyegarkan Salatiga selalu di tengah arus modernisasi yang seringkali tidak ramah dengan lingkungan. Bagi saya yang sekarang ini merantau jauh dari kota asal saya ini, tiap kali pulang ke Salatiga, pastilah saya akan menyempatkan diri untuk merasakan nuansa khas yang diberikan oleh Lapangan Pancasila ini, kesejukan dan keasriannya itu yang begitu dirindukan…

Iklan

15 thoughts on “kesejukan dan keasrian yang dirindukan di lapangan pancasila

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s