perlu kendali

Aku perlu selalu mengingatkan diriku tentang keberadaanku di sini. Tempat ini belum tentu menjadi tempat menetapku. Tingkah laku dan kinerja masihlah dalam masa penilaian. Tidak bisa sembarangan dan seenaknya sendiri. Posisi sekarang ini bisa jadi ada yang memandangnya hanya sebelah mata.

Ada yang suka dan memberikan sambutan yang hangat, tetapi pada sisi lainnya, ada juga yang tidak suka dan menyambut dengan dingin. Wajarlah jika ini terjadi karena pada lingkungan yang baru, beragam reaksi yang bisa jadi muncul. Aku terlampau merasa nyaman dengan kehadiran beberapa orang yang telah diakrabi, tetapi lupa rupanya ada orang yang masih menganggap kehadiranku sebagai orang asing.

Maka seharusnya aku pandai untuk menempatkan diri. Pada satu situasi bersama orang-orang yang diakrabi, tak apa jika memang bisa membaur berinteraksi. Sedangkan, pada sebagian kalangan yang memang tak ingin diusik keberadaannya, jagalah jarak sepatutnya agar tidak mengganggu.

Waktu telah berlalu sekian lama, pesan penting ini sempat terlupa. Lalu, terjadilah hal yang tidak menyenangkan manakala aku terlalu merasa dapat berinteraksi dengan semua pihak di tempat baru ini. Rupanya ada penolakan yang nyata-nyata disampaikan, ketidaksenangan yang menyeruak, dan menjadi pengingat kembali bahwa status posisi ini masihlah belum menjadi personel tetap di sana.

Masa percobaan ini memang sungguh melelahkan. Status yang belum ditetapkan ini memang menjadikan banyak batasan-batasan yang tidak boleh dilampaui. Aku perlu kendali yang kuat untuk terus ingat akan hal ini dan bisa menyesuaikan diri dengan baik. Semogalah masa ini cepat berakhir dan situasi akan menjadi lebih baik untuk selanjutnya.

Jakarta, 30 Juli 2019 22:42

3 respons untuk ‘perlu kendali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s