kalimat pertama

Kalimat pertama itu penentu. Sebagai permulaan dari sebuah tulisan, ia membutuhkan energi. Energi yang akan memacu munculnya kalimat-kalimat yang baru. Atas suatu ide yang tiba-tiba tercetus dan perlu untuk dijabarkan, kalimat pertamalah yang menjadi kunci untuk lebih mudah menguraikannya.

Kalimat pertama adalah tanda kecocokan untuk dapat berketerusan mengulas suatu ide. Perlu berulang kali untuk mengubahnya disesuaikan dengan ide cemerlang yang menjadi intisari dari suatu tulisan. Untuk menarik para pembaca tulisan, jelas kalimat pertamalah yang menjadi kesan pertama. Kesan pertama ini juga berlaku bagi sang penulis agar ia lebih bersemangat mengulas ide yang dimilikinya.

Mencari kalimat pertama itu sulit. Memadu kata untuk disusun menjadi kalimat penggugah untuk kalimat-kalimat selanjutnya adalah tantangan bagi sang penulis. Dari sekian banyaknya perbendaharaan kata, perlu dipilih mana yang terbaik untuk dapat menggambarkan kecemerlangan ide yang hendak dipaparkan. Tentang memilih kata itu, wawasan yang luas dapat membantu dengan membaca berbagai macam tulisan menginspirasi yang tersebar di mana-mana.

Sayangnya kalimat pertama bukanlah penjamin sepenuhnya atas suatu tulisan dapat dilanjutkan hingga selesai. Tuntasnya suatu tulisan tergantung pada jabaran ide yang terus mengalir di dalamnya. Jika ide tiba-tiba lenyap di tengah jalan, maka sulit untuk melanjutkannya kembali karena tak ada lagi yang bisa diulas di dalamnya.

Tak disangka memang dari satu kalimat saja dengan disertai kerangka ide yang sudah begitu menggebu di pikiran akhirnya dapat membentuk suatu jenis tulisan. Walaupun sebenarnya semua kalimat mempunyai ruhnya masing-masing, tetapi kalimat pertama sangat berbeda. Dengan bermula dari suatu awal yang bagus, maka hal-hal yang baik akan menyertai. Suatu tulisan, walau tak selalu,  dapat dituntaskan dan memuaskan sang penulisnya dengan kalimat pertama yang tepat. 

Ah, mungkin ini kesulitan yang sedang kualami.. Kalimat pertamalah yang selalu kucari-cari.. Untuk dapat memulai dan mengurai ide menjadi sebuah tulisan…

Malang, 20 Juli 2017

Iklan

2 thoughts on “kalimat pertama

  1. halow nanaz..
    sama sih kayak saya kalau ngeblog nyari kalimat pertama tuh mesti jalan2 dulu ke gugel. Lihat postingan org, terkadang nyontek kalimat pertama org! hahahaha
    tapi yakinlah, menyontek tulisan org bikin gak semangat berkata-kata hingga postingan selesai.

    Nanaz apa kabar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s