[photo of the day] bentuk refleksi

Ada saatnya pergantian terjadi. Yang baru akan menggantikan yang lama. Yang lama menjadi bagian dari memori. Yang baru menjadi bagian dari teka-teki yang tengah dijalani. Perbandingan di antara keduanya adalah suatu bentuk evaluasi. 

Pergantian masa adalah perjalanan dari waktu ke waktu yang menyesuaikan dengan apa yang terjadi pada fase-fase yang lazim. Dulu masihlah sendiri kemudian beranjak menjadi pasangan dua pribadi yang bertambah terus membentuk keluarga hingga tatanan masyarakat yang terus berjenjang semakin rumit. Pada tiap-tiap keadaan itu ada ceritanya yang unik tersendiri. Tak bisa disamakan walau mungkin karakter personal diri masihlah ada yang serupa di antara pergantian masa itu.

Refleksi menjadi saat yang dibutuhkan untuk siap menjalani perubahan di antara fase-fase dalam pergantian masa. Perlu untuk ditampakkan kembali tayangan ulang atas apa-apa yang telah terjadi. Refleksi memberikan tayangan semacam itu dengan bayangan semu yang bisa diputar ulang. Jika tak membentuk bayangan refleksi, sulit untuk mengetahui hakikat yang tersembunyi dari fase keadaan yang telah menimpa diri. 

Mengulas kembali merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam upaya refleksi diri. Mengulas bukan berarti mengungkit kembali. Ia diulas dalam niatan untuk mengarifi setiap kejadian. Bahwa setiap kesalahan yang pernah dilakukan bukan untuk diratapi dan disesali, ulasan perlu dimunculkan agar tak terulang hal yang sama di fase selanjutnya. Bahwa setiap kebahagiaan adalah hal yang harus senantiasa disyukuri dan didoakan supaya terus diberikan dalam bentuk yang lebih beragam.

Beragam bentuk yang dapat digunakan dalam membuat bayangan refleksi. Itu akan menjadi mudah jika dalam setiap fase hidup yang dijalani telah direkam dalam suatu bentuk dokumentasi yang tertata rapi. Mengulasnya akan menjadi lebih mudah.

Tulisan menjadi suatu bentuk media dokumentasi untuk refleksi. Maka, ada baiknya untuk tidak berhenti menulis. Tulis setiap momen dalam hidup yang memang perlu untuk terus diingat. Walaupun seringkali kemalasan melanda ataupun ketidakpercayaan diri yang muncul, jangan berhenti untuk menulis. Jika tak ada tulisan atau macam jejak lainnya untuk refleksi diri, maka ada yang kurang dalam perjalanan hidup. Ada yang sangat mungkin akan terlupakan, ada kesalahan yang bisa muncul kembali, ada kebahagiaan yang luput untuk disyukuri. 

Ayo, kembalilah menulis sebagai bentuk refleksi hidup untuk diri…

foto diambil dari air mancur tengah alun-alun kota Malang

Iklan

3 thoughts on “[photo of the day] bentuk refleksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s