kesungguhan

Jika kau bicara tentang kesungguhan, maka tanyakanlah pada dirimu sendiri. Apa-apa saja yang telah kau benar-benar lakukan untuk mencapai yang dikehendaki? Sudahkah jelas tujuan tercanang di hadapan? Ia seharusnya dapat terbayang dalam wujud bernama harapan atas keinginan.

Karena kesungguhan menjadi hal yang lahir dari niat. Niat itu pasti ada. Tetapi seberapa kuatnya niat tergantung pada kesungguhan untuk menggapai harapan atas keinginan. Niat itu perlu senantiasa diulang dan diperbarui. Dengan begitu terbentuk pribadi yang prinsipil dan terarah menuju keinginan itu.

Teguh pada prinsip adalah tanda dari kesungguhan. Prinsip mengatur pada batas-batas yang tidak boleh dilampaui. Sesekali bisa jadi ada sesuatu yang ditoleransi sebagai pengecualian. Akan tetapi, keteguhan prinsip akan meluruskan kembali arah manakala ada langkah yang menyimpang.

Memegang prinsip akan menunjukkan siapa yang setengah-setengah dan siapa yang benar-benar totalitas. Prinsip membutuhkan keseriusan. Prinsip bukan perkara yang sering diabaikan malah kemudian dilupakan. Tidak ada saatnya untuk bermain-main, berleha-leha, ataupun bersenang-senang. Ada tenaga yang harus dikerahkan dan tercipta dalam bentuk perjuangan.

Kesungguhan hanya untuk orang yang memang berkeinginan kuat. Keinginan hanyalah sekadar menjadi angan jika tidak ada hal apa pun yang dilakukan. Apa yang dilakukan harus dengan totalitas bukan setengah-setengah, dengan perjuangan sepenuh tenaga yang bisa dikerahkan. Niat menjadi doktrin utama yang apa pun itu harus dituruti dan pengingat dalam pelbagai kondisi.

Jadi, sudahkah kau nilai kesungguhanmu mencapai apa yang kamu inginkan?

Jika kau ingin berubah lebih baik lagi, maka kesungguhan haruslah benar-benar ada pada dirimu…

(Salatiga, 18 Mei 2015)

Iklan

One thought on “kesungguhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s