[photo of the day] biarkan terus mengalir

image

Hidup akan terus bergerak. Ia beralih dari satu babak ke babak lainnya. Waktu yang mengantarkan pergerakan itu. Kalaupun masih ada yang tetap sama, maka waktu yang ada tidaklah sama dengan apa yang telah lalu.

Pergerakan itu membutuhkan penyesuaian. Waktu yang tidak lagi sama, keadaan yang berbeda, orang-orang yang silih datang dan pergi. Gerak hidup berubah dengan sendirinya. Perlakuan dan sikap yang masihlah seperti dahulu sangat mungkin tidak tepat lagi untuk dapat diterapkan kembali. Ada tuntutan yang mengharuskan pada diri untuk berubah menyesuaikan pergerakan hidup.

Gerak hidup laksana gerak air yang mengalir. Biarkan saja terus mengalir hingga menuju tujuannya. Jika ada saluran yang sudah tersedia, arahkan pada saluran yang dirasa sesuai. Kendali tetaplah perlu, tetapi terlampau memaksakan itu bukanlah hal yang baik.

Siapa yang mampu menduga bagaimana gambaran masa depan itu? Ya, dengan pergerakan hidup, masa depan sangat mungkin berubah drastis daripada sekarang yang sedang dijalani. Kekhawatiran muncul dan berbagai macam praduga mencoba mengusik batin. Padahal yang diperlukan hanyalah bagaimana untuk dapat menyesuaikan. Itu yang penting.

Mau seperti apa keadaannya berubah nanti, dengan penyesuaian yang sesuai, maka tidak akan terjadi hal yang diperkirakan meresahkan. Jalani saja seperti gerak air yang terus mengalir. Terus bergerak dengan saluran yang ada hingga ke tujuan. Teruslah maju dalam hidup dengan menyesuaikan keadaan seperti apa pun itu. Tujuan itu sudah menanti di hadapan, walau aral terjang mengganggu jalan hidup, biarlah ia tetap bergerak sebagaimana mestinya.

Iklan

One thought on “[photo of the day] biarkan terus mengalir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s