tertinggal

Aku duduk di sudut ruang itu. Menatap menerawang dari apa yang ada di sekitar. Sepertinya sesuatu sudah terjadi dan mengubah kesemuanya. Terasa berbeda, tak lagi sama.

Oh, itu tandanya aku harus menyesuaikan diri mungkin. Sedari tadi aku hanya duduk dan mengamati. Tidak ada gerak gerik satu pun yang aku lakukan. Begitu enggan. Tidak ingin terlalu ikut campur dengan semua hal.

Bisa jadi aku yang ternyata terlalu egois. Hanya mempedulikan apa dan bagaimana tentang apa yang berpengaruh pada diri. Tentang lainnya? Ah, untuk hal diri sendiri saja sudah pelik nian rasa-rasanya.

Heran. Bagaimana dalam sekejap kemudian semua berubah. Apa aku yang terlampau melamun dan lupa waktu hingga tak sadar. Mungkin seperti itu. Apalagi dengan pikiran yang terlalu terporsir untuk peduli hanya tentang diri.

Baru kali ini aku menyempatkan untuk duduk. Ya, baru kali. Aku melangkah sembarang ke arah sesukaku selama ini. Dari satu titik ke titik yang lain. Senantiasa berpindah-pindah. Hahaha! Tak pernah sekali pun terbersit untuk berhenti. Sekehendak ke mana pun yang dimaui, tetapi tiada jelas apa maksud yang ingin dicapai.

Aku tertinggal. Mau tak mau harus aku akui itu. Sekarang kesemuanya berubah seiring waktu. Sementara aku? Perjalanan yang tidak jelas malah membuatku semakin kacau dan kebingungan.

Ada yang telah mencoba mengingatkan dan mengajak untuk mengejar ketertinggalan ini. Tapi, apa aku sanggup mengerahkan seluruh daya untuk dapat melakukannya. Pesimis itu begitu kuat dan membiarkan tenggelam pada titik yang sama, tidak sekalipun beranjak dari situ.

Orang lain bisa saja dapat mempengaruhi. Akan tetapi, pemicu utamanya muaranya adalah pada dalam diri pribadi. Kalau memang ada tekad bulat untuk tak tertinggal, maka energi-energi penggerak akan muncul dengan sendirinya.

Sekarang aku masih duduk. Masih sama seperti tadi. Melihat dan mengamati sekitar. Ya, inilah yang sebenar-benarnya terjadi. Ada yang sudah berubah dan ada saja yang masih bertahan pada keadaan yang sama…

(Painan, 23 September 2014)

4 thoughts on “tertinggal

Tinggalkan Balasan

