menyikapi kelemahan orang lain

Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing pada karakter atau keahlian yang beragam macamnya. Begitu pula sebaliknya, pada kelebihan yang dimiliki itu akan ada kelemahan yang menyertai. Kelebihan dan kelemahan ini seperti satu paket yang tidak akan terpisah. Satu paket ini akan selalu ada karena manusia tiadalah yang sempurna hakikatnya.

Kelebihan itu lazimnya dihargai dengan sanjungan yang sudah sepantasnya untuk masing-masing orang. Kelebihan adalah hal yang positif dan tidak menjadi persoalan jika menyikapinya dengan cara yang tepat. Kelebihan dan juga kelemahan pribadi seseorang membutuhkan penyikapan yang sesuai untuk dapat menciptakan keharmonisan hubungan dengan orang lain.

Yang rasanya lebih sulit adalah tentang menyikapi kelemahan orang lain. Kelemahan rentan membuat kesalahpahaman dan kekecewaan jika salah-salah dalam menyikapinya.

Kelemahan seseorang itu mulanya perlu dikenali dulu dan diketahui bagaimana latar belakangnya. Jika ada hal yang bisa dilakukan untuk dapat membantunya memperbaiki kelemahan, maka berikanlah nasehat yang tepat pada kelemahan seseorang. Dari lebih mengerti kelemahan ini, bila itu sudah menjadi karakter yang sepertinya sulit diubah, maka ada toleransi untuk memahami bahwa kelemahan ini seperti itulah adanya. Berubah tidaknya seseorang dengan kelemahan yang dimilikinya adalah urusan pribadi orang lain. Ini bukan menjadi hal yang patut dapat diikutcampuri, hanyalah nasehat yang bisa diberi.

Kekecewaan juga dapat terjadi jika salah menyikapi kelemahan. Janganlah terlalu menaruh harapan yang terlampau tinggi pada orang lain. Lihatlah secara nyata seperti apa karakter seseorang dan buatlah harapan yang menyesuaikan dengan kondisi keterbatasannya pada kelemahannya.

Memahami adalah proses yang tidak bisa instan. Tetapi ia harus diniati dari awal pada setiap hubungan. Hubungan yang tidak dilandasi oleh saling memahami adalah hubungan yang dijamin tidak akan bertahan lama. Salah satu faktor pendukung  kelanggengan hubungan adalah saling memahami satu sama lain.

Belajarlah terus untuk memahami apa yang terjadi di sekitar. Kelemahan-kelemahan orang itu tak perlu sampai dijadikan persoalan yang begitu rumit. Sederhanakanlah saja dan coba untuk pahami dengan menerima apa adanya seseorang. Bisa jadi kelemahan seseorang itu adalah hal yang sebenarnya bermanfaat dan lebih baik jika seperti itu. Tidak ada ukuran yang mutlak untuk mengukur kelebihan dan kelemahan seseorang.

Melalui semakin banyak dan sering berinteraksi, akan dapat disimpulkan bahwa betapa penting kebijaksanaan itu dalam menyikapi kelemahan orang lain.. Memahaminya dengan cara yang tepat dan memberikan respon yang sesuai adalah hal yang akan memberikan hubungan baik dan berkualitas

(Painan, 20 Juli 2014)

Iklan

7 thoughts on “menyikapi kelemahan orang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s