[photo of the day] kekhusyuan membaca

image

Firman itu ada dan diturunkan bukan hanya untuk sekadar diberikan semata. Ada perintah tegas yang mula-mula harus dilakukan tentangnya. “Bacalah, dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan”. Membacanya adalah hal utama yang terhitung sebagai ibadah.

Dalam melakukan apa pun itu, jelas dibutuhkan pedoman yang menyertai bagaimana harus melakukannya. Pun juga tentang kehidupan ini. Firman agung telah mencakup apa-apa yang seharusnya dipedomani oleh manusia. Firman ini jauhlah dari sembarang kata. Di dalam tiap hurufnya sendiri terkandung keagungan makna yang luar biasa untuk ditelaah lebih mendalam.

Namun, huruf yang terangkai menjadi alunan firman itu tiadalah terasa istimewa jika ia hanya dianggap sebagai huruf-huruf biasa saja. Ia hanya dapat dimaknai jika yang membacanya tenggelam dalam kekhusyuan syahdu merenungi setiap maksud agung dari sepenggal firman yang dibaca.

Cukup hanya sekadar membaca firman saja sebenarnya sudah terhitung sebagai amalan. Apalagi jika dalam membaca disertai dengan penghayatan atas kandungan mulia dari ayat-ayat suci itu. Maka kekhusyuan membaca akan jelas terasa dan amalan dinilai jauh berlipat-lipat kali dari yang hanya membaca saja.

Firman Illahi sudah sepatutnya menjadi pedoman. Atas segala hiruk pikuk kehidupan dunia yang semakin terasa penat, kekhusyuan membaca mampu memberikan ketenangan dan ketenteraman yang dibutuhkan. Dari hati yang tenteram, kehidupan akan selalu pada kondisi terbaiknya sesusah apa pun aral melintang. Ini yang dimaksud sebagai pedoman untuk mencapai tingkatan mulia dalam hidup.

Bacalah, dan terus membaca.. Hingga kekhusyuan itu merasuki kalbu dan menjelma pada tingkah laku…

Iklan

2 thoughts on “[photo of the day] kekhusyuan membaca

    • #note2myself juga nih mas… baru sadar sangat sayang jika membaca quran ya hanya cukup sampai membacanya saja saja… harusnya bisa lebih dari itu, memaknainya, meresapinya hingga khusyu dalam membacanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s