menerima nasehat

Nasehat adalah hal yang penting untuk dapat berubah menjadi insan yang lebih baik. Nasehat tidak akan disampaikan hanya sekadar untuk menilai bagaimana sesuatu. Ia disampaikan mesti disertai dengan perhatian yang ditujukan untuk dapat memperbaiki apa yang mesti dibenahi. Di dalamnya ada pesan yang mengingatkan dan jika dijalankan dapat menjadi solusi. Beda jika ia hanyalah sekadar komentar yang sepintas lalu dan sama sekali tak ada pesan untuk mengubah apa yang patut diperbaiki.

Tetapi menerima nasehat itu bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika diri bersikukuh bahwa pada kondisi yang sekarang seperti inilah yang sudah sepantasnya dilakukan. Diri sudah merasa cukup benar dalam bertindak dan tidak perlu ada sesuatu yang diubah. Jika seperti ini, nasehat orang belum tentu dapat memberikan pengaruh dan bisa jadi hanyalah menjadi komentar biasa belaka.

Maka, perlu dipahami bahwa cara pandang itu tak boleh terlampau sempit dan hanya berkutat dengan sebatas apa yang dipahami diri. Harus ada keterbukaan yang lapang mulanya dalam menerima nasehat. Bahwa ada kemungkinan diri memang salah dan ada yang memberikan pesan untuk berubah. Ada beragam dan jauh lebih banyak lagi cara pandang yang bisa diambil untuk menilai sesuatu, jangan terpaku penilaian dengan cara sendiri saja. Orang lain yang bisa jadi lebih berpengalaman tentu memiliki keluasan cara pandang dan seharusnyalah juga keluasan itu ada pada diri.

Nasehat itu bisa jadi menyakitkan mulanya karena menerimanya membutuhkan penyesuaian. Namun, hal-hal yang ternyata dinilai salah jika dibiarkan sangat mungkin berdampak hal yang tidak baik. Maka, nasehat itu walaupun begitu tidak menyenangkannya, perlu dicerna dan dipahami dulu. Ada momen sejenak yang dibutuhkan untuk merenungi apa maksud dari suatu nasehat. Dari sini kemudian harus ditentukan langkah nyata apa yang ditempuh untuk mengubah kesalahan yang telah terjadi. Jangan sampai kemudian kesalahan serupa terulangi kembali dan lagi-lagi akan dinasehati hal yang sama..

Nasehat itu bagaimana pun juga adalah sesuatu yang perlu diterima, dicerna, dan ditindaklanjuti. Nasehat adalah bentuk perhatian dari orang lain untuk menjadikan diri tidak melakukan kesalahan. Memperbaiki diri merupakan tuntutan yang harus selalu dilakukan karena tidak akan pernah ada pribadi yang sempurna. Terimalah nasehat dan jadilah insan yang lebih baik lagi…

(Painan, 2 Juli 2014)

Iklan

5 thoughts on “menerima nasehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s