dalam gelap

Hitam yang memekatkan. Rasanya kehilangan arah. Tidak jelas apa pun itu, seperti apa wujudnya, bagaimanakah bentuknya. Kegelapan menjadikan kesemuanya hanyalah satu warna yang sama. Hitam.

Cahaya, secercah kecil ia muncul begitu diharapkan. Bahkan pun ia dicari-cari hingga ke sana sini. Dalam gelap, kesabaran dan ketangguhan teruji benar. Gelap memberikan keterangan yang nyata bagaimana orang menyikapinya. Mencacinya terus menerus atau lebih terarah pada upaya mencari cahaya dalam keterbatasan.

Ya, gelap itu tak selalu terjadi atas kehendak diri. Ada hal-hal di luar kendali yang menjadikan gelap itu tercipta. Pada saat seperti inilah, buat apalah bersibuk tentang betapa tak nyamannya gelap itu. Semua orang lazimnya sudah paham akan itu. Penyikapan yang baik adalah menjadikan kegelapan ini sebagai pembelajaran. Bahwa pada satu atau banyak momen lainnya dalam hidup itu ada kekelaman yang serupa dengan kegelapan ini.

Dalam gelap seperti ini, dalam gelap yang membatasi ruang gerak serta pandangan, dan dalam gelap yang membuat kekhawatiran semakin menjadi-jadi, maka bersabarlah teramat sangat. Gelap nyatanya tak selalu seperti itu terus. Ia akan berganti seperti silihnya siang dan malam. Maka, tunggulah cahaya itu datang dan menerangi. Atau setidaknya pertahankan nyala semangat yang terus membara dalam diri agar sanggup menjadi cahaya yang lebih memancar dan menyibak tabir-tabir penutup sang kegelapan.

(Painan, 22 April 2014)
*dalam gelapnya nuansa malam yang menemani

Iklan

6 thoughts on “dalam gelap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s