[photo of the day] menyingkirkan penghalang

image

Tampak besar memang bebatuan penghalang itu. Dari kebesarannya itu disimpulkan secara sekilas bahwa kecil kemungkinan untuk menyingkirkanya. Ia tampak begitu kokoh berada di tempatnya dan memindahkannya menjadi tugas yang berat dan menantang.

Begitulah kalau melihat keadaannya di masa sekarang ini. Namun, adakah tetap sama sebenarnya kondisi bebatuan jauh di waktu yang lampau lalu? Ada perubahan. Ada perubahan yang tidak bisa dirasakan secara langsung, tetapi ia berjalan perlahan dan pasti. Dulunya ia lebih besar dan tidak berada di tempat yang sekarang ini ada.

Waktu memberikan kilasan tentang perjalanannya. Bahwa arus laut yang secara terus menerus menggerusnya dan kondisi alam yang menyertai menjadikan ia berubah bentuk. Kekuatan alam dengan saktinya juga mampu memindahkan letak tempatnya berada. Bisa jadi ada semacam gerak tanah bergeser atau kuatnya ombak laut yang memindahkannya. Semuanya itu sangat mungkin terjadi dan jelas bahwa apa yang lalu berbeda dengan apa yang sekarang tampak.

Maka, janganlah melihat penghalang itu pada besar kecilnya, tetapi perhatikan seberapa besar kekuatan untuk berubah yang lebih penting. Untuk suatu tujuan kebaikan, walau ada kendala besar yang ditemui, percayalah ia akan dapat terlewati. Namun, butuh kekuatan tekad untuk dapat mengatasinya dan lihatlah kemudian seberapa besar apa pun kendalanya, ia akan tersingkirkan dengan sendirinya.

Iklan

4 thoughts on “[photo of the day] menyingkirkan penghalang

    • persis seperti yang dikatakan oleh atasan saya saat memberikan nasehat… beliau percaya bahwa setiap usaha itu pasti memberikan pengaruh walau tidak terlihat sekarang tetapi kalau terus dan lebih giat lagi akan tampak hasilnya di kemudian hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s