pada waktu dan cara yang tepat

Tidak semua orang itu sama. Kita paham itu. Ada yang membutuhkan suatu perlakuan tertentu, namun tak bisa dianggap akan berdampak sama jika diberlakukan pada orang yang lain. Keberagaman karakter itu memunculkan variasi penyikapan dan seharusnya perlu paham terlebih dahulu bagaimana ihwal karakter itu sebelum menyikapinya lebih lanjut.

Kebenaran itu mutlak adanya. Ia adalah hakikat yang sebenarnya tidak akan berubah mau bagaimana pun keadaannya. Menyampaikan kebenaran adalah suatu hal yang seharusnya selalu dilakukan. Namun, ketika kebenaran itu bukanlah suatu hal yang baik, merupakan sesuatu yang berpotensi bermasalah, maka kebenaran tidak menjadi mesti untuk disampaikan.

Sesuatu yang benar adanya belum tentu adalah sesuatu yang menjadi baik kemudian.

Informasi yang memang begitulah adanya jika ia mengandung pesan yang memungkinkan ketidaknyamanan itu perlu waktu dan cara yang tepat untuk menyampaikannya. Cepat atau lambat seharusnya penerima pesan itu perlu tahu apa yang sebenarnya. Tetapi setiap pesan itu mempunyai maksud menyertai di dalamnya dan jika pesan itu disampaikan pada waktu dan cara yang tidak tepat, apalah artinya. Sangat mungkin yang terjadi kemudian adalah kesalahpahaman dan berbagai problem yang tidak disangka terus menerus berimbas.

Kebenaran informasi yang ingin disampaikan tentu diharapkan agar menjadi kebaikan untuk semua yang menerimanya. Informasi itu besar perannya dalam mengubah bagaimana penyikapan seseorang. Maka, perlu dipahami benar kalau dalam menyampaikan sesuatu yang memang benar apa adanya apa pun itu perlu cara dan waktu yang tepat agar maksud kebaikan yang diinginkan bisa terwujud.

(Painan, 25 Februari 2014)
*) tentang kesalahpahaman pada sehari yang telah berlalu

Iklan

2 thoughts on “pada waktu dan cara yang tepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s