serasa di atas segalanya, panorama puncak bukit langkisau

Nama bukit yang satu ini menjadi judul lagu yang terkenal dari penyanyi lagu Minang ternama, yaitu Elly Kasim. “Langkisau, bukik langkisau… Tanang aie di Talaok… Tangiang kampuang maimbau.. Taganang si aie mato..” Demikian sepenggal bait dari lagu tersebut yang berjudul “Bukik Langkisau” itu. Tentu dengan adanya syair lagu yang menceritakan tentang keindahan panorama dari Bukit Langkisau ini menjadikan bukit ini hal yang istimewa di Painan. Banyak orang yang sudah berdecak kagum dan mengakui bahwa memang ada keistimewaan tersendiri dari pesona bukit yang satu ini. Pesona itu menjadikan orang yang berada di puncaknya itu serasa berada di atas segalanya.

2013-04-27 10.30.38Pada masa awal-awal saya di Painan, selalu saja banyak orang di sekitar saya mendengungkan mengenai beberapa pesona painan. Mereka menceritakan bahwa pesona inilah yang menjadikan Painan dapat dikenal sebagai tempat yang tepat untuk berwisata menikmati keindahan alam. Salah satu di antaranya adalah panorama Puncak Bukit Langkisau. Bukit satu ini yang terlihat jelas saat sudah memasuki kota Painan menjadi tempat yang mesti dikunjungi oleh para pelancong wisatawan katanya.

Bukit Langkisau merupakan perbukitan yang berderet memanjang pada sisi sebelah utara kota Painan. Jika menyusuri jalan yang sudah tersedia di pinggir sebelah selatan bukit ini, maka pada penghujung jalan akan ditemui kawasan wisata Pantai Carocok. Tidak jauh sebelum kawasan pantai, akses menuju puncak Bukit Langkisau dapat dilalui melalui jalan beraspal yang menanjak. Jadi, tidak perlu bersusah payah mendaki bukit ini, Bukit Langkisau kini sudah bisa dinikmati dengan berkendara menuju puncak. Mudahnya akses ini menjadikan bukit ini lebih terbuka untuk semua orang, utamanya bagi yang tertantang untuk melakukan paralayang dari atas puncak bukit ini atau sekadar menikmati panoramanya.

Ya, Bukit Langkisau sudah menjadi nama yang sangat dikenal oleh para pecinta olahraga paralayang. Pada salah satu sisi puncaknya, sudah disediakan tempat khusus bagi paralayang sebagai tempat pacu landasnya. Di sinilah mereka yang menyukai olahraga satu ini meregangkan parasut paralayangnya dan mengayunkan diri terbang mengarungi pemandangan Painan hingga menuju tempat mendarat di Pantai Salido tidak jauh dari Bukit Langkisau.

P1080403Kenangan pertama saya mengunjungi Bukit Langkisau adalah pada momen yang tepat dan sangat mengenang bagi saya. Kedatangan saya ke sana saat itu diniatkan untuk dapat menonton salah satu perhelatan tahunan yang sedang ramai dibahas banyak orang, yaitu lomba paralayang dalam rangka memeriahkan Festival Langkisau Tahun 2011. Momen yang memancing penasaran saya ini ternyata memang sangat memuaskan harapan saya. Sebelumnya saya belum pernah sama sekali melihat langsung bagaimana orang berparalayang dari tempat tinggi dan Bukit Langkisau menjadi tempat pertama kalinya saya langsung menyaksikan fenomena ini. Saya melihat bagaimana parasut itu dikembangkan dan paralayang itu melayang meliuk-liuk di udara perlahan turun sampai ke darat.

P1140295Tidak hanya pada kesempatan pertama itulah saya dapat melihat aktivitas paralayang ini. Pada kesempatan-kesempatan lainnya saya mengunjungi puncak bukit ini kembali, rupanya memang sudah menjadi hal yang biasa ada di sini bagi pecinta paralayang untuk menikmati keindahan alam Painan ini. Bahkan, pada bulan April tahun 2013 dulu, di bukit ini dihelat lomba Paragliding World Accuracy Competition 2013. Ajang ini merupakan lomba berkelas internasional mengikutsertakan para pecinta paralayang dari mancanegara untuk menguji seberapa tepat mereka melakukan pendaratan di titik yang sudah ditentukan. Pada acara ini, satu per satu paralayang terbang berayun beriringan hingga sampai ke titik pendaratan dan banyak orang berkerumun untuk menontonnya. Tentu dari lomba akbar semacam ini, Painan sendiri sebenarnya sudah bisa dikatakan sebagai kota dengan pemandangan untuk paralayang yang bagus dan menjadikannya lebih terkenal lagi untuk hal ini.

Bukit Langkisau sebenarnya menjadi begitu terkenal bukan hanya karena paralayang yang ada di sana. Namun, panoramanyalah yang menjadi pesona dan membuat orang terus datang mengunjunginya. Dari puncaknya ini ada dua pemandangan yang dapat dinikmati. Pada sisi utara atau sisi pacu landas paralayang, akan dapat dilihat pesisir nagari Salido yang panjang melintang dan laut tenang di sampingnya bersebelahan. Sedangkan, pada sisi selatan mempunyai pemandangan berbeda dengan deretan bangunan-bangunan di pusat kota Painan yang tampak begitu kecil dan mengelompok pada satu area kota. Pemandangan pada jalanan sebelum memasuki kawasan puncak malah menyediakan dua sisi pemandangan itu bersebelahan pada sebelah kiri dan kanan jalan. Pada salah satu sisi jalanan ini juga dapat disaksikan pulau cingkuak dari kejauhan dan teluk painan yang memanjang melengkung sebagai batas pinggir kota Painan.

Dengan terkenalnya panorama bukit ini, beberapa fasilitas dapat dikatakan sudah lumayan lengkap tersedia di sana. Jalan beraspal yang menanjak menjadikan daerah ini mudah diakses dan tidak menjadi sulit untuk berwisata dalam waktu yang lama di sana. Beberapa penduduk pun ada yang tinggal di sana dan membuka warung makanan atau juga menyediakan penginapan. Pada kawasan puncaknya sendiri, lahan parkir sudah diatur dan juga ada taman beserta gazebo kecil sebagai tempat duduk-duduk menikmati pemandangan.

P1140705Berdasarkan pengalaman saya, pemandangan yang paling bagus dan indah selama saya mengunjungi Bukit Langkisau ini adalah di saat sore hari. Pada saat-saat seperti ini, bukit ini rupanya menyajikan pemandangan yang memukau dengan tenggelamnya sang mentari yang dapat dinikmati langsung tanpa penghalang dari puncak Bukit Langkisau. Beberapa kali sudah saya ke sana di saat seperti ini dan selalu saja meninggalkan saya terkesima dan terpukau melihat pemandangan menakjubkan bergantinya hari menjadi malam dari atas bukit ini. Luasnya jangkauan pandang dan terbentangnya lautan disertai dengan matahari yang mulai bersembunyi di balik garis batas dengan laut menjadikan tempat ini sebagai tempat yang cocok untuk menikmati nuansa senja.

Saat sekarang ini, kawasan Bukit Langkisau sedang mengalami penataan ulang untuk menjadi kawasan wisata terpadu bersama Pantai Carocok yang sangat dekat dengannya. Akses jalanan yang mengitari bukit ini sampai ke Carocok sudah diperbaiki dan lebih diperluas mengingat semakin banyaknya arus transportasi menuju dua kawasan wisata ini. Beberapa bulan ini juga baru saja dibuka akses jalan lain baru lingkar sebelah utara yang mengitari bukit ini hingga menuju Carocok rencananya. Jalan ini belum selesai benar hingga sampai ke Carocok, masih ada sedikit ruas jalan yang perlu diselesaikan, tetapi sudah dapat dilewati dan banyak orang yang mengunjunginya. Kabarnya juga di sekitar kawasan ini akan dibangun fasilitas penunjang lainnya seperti penginapan dan taman pemandangan untuk wisatawan.

Semakin banyak orang yang mengenal, tertarik, dan ingin mengunjungi Bukit Langkisau ini, semakin dituntut pula berkembangnya kawasan ini. Pembangunan yang belakangan ini semakin pesat di sekitar Bukit Langkisau pada dasarnya adalah suatu hal yang dapat dimaklumi, walaupun meninggalkan beberapa perkara yang membuat ironis. Dibandingkan dengan saat awal mula saya mengenal bukit ini, saat ini wilayah hijau bukit ini semakin terpangkas dengan kebijakan penambahan ruas akses jalanan. Pada beberapa titik akan dapat ditemui bongkahan besar pengerukan bukit guna kepentingan tersebut. Seringnya hampir menjadi suatu fenomena yang berulang tiap kali ada pemekaran kawasan wisata yang saya temui di sini, berkembangnya kawasan belum tentu diiringi dengan baik kebijakan yang menormalisasi efek dari pembangunan itu dan mengembalikannya tetap berkesan sama. Kalau terus-terusan bukit ini dipangkas dan dibangun ini itu tanpa dikendalikan dan diatur, apalagi keistimewaan dari Bukit Langkisau yang tersisa untuk dapat dinikmati?

P1080417Dari kantor saya (KPPN Painan), Bukit Langkisau tampak begitu jelas di hadapan kantor karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari bukit ini. Bukit ini terlihat seolah seperti dinding hijau yang memberikan ketenangan dan keasrian bagi siapa saja yang memandangnya. Pepohonan rimbun dengan daun-daunnya yang berwarna hijau segar menjadikannya tampak seperti itu. Sebagai seseorang yang sudah beberapa lamanya berdiam di sini, Langkisau menjadi salah satu tempat kesukaan saya. Saya berharap bahwa bukit ini dapat mempertahankan pesonanya dengan panoramanya yang indah itu walau pembangunan semakin giat dilakukan di sana. Sepertinya saya sendiri sudah merasakan benar apa yang didendangkan oleh Elly Kasim dalam lagunya “Bukik Langkisau” itu, bahwa bukit yang satu ini selalu saja membuat orang yang pernah terpesona dengannya terngiang terus akan panorama yang elok itu…

Iklan

12 thoughts on “serasa di atas segalanya, panorama puncak bukit langkisau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s