sensitivitas meningkat

Entah dampak macam apa lagi yang akan terjadi akibat segala ketidakteraturan yang sedang kualami kini. Sepertinya perlu menjaga diri benar dan semakin mengendalikan diri agar tak ada kerumitan yang lebih parah ditemui.

Belakangan ini hal-hal kecil yang seharusnya dapat dimaklumi rasanya berat untuk dapat dipahami. Pengalaman mengajarkan ketidakberesan itu terjadi mulai dari hal yang kecil. Tentu ini yang menjadi alasanku lebih perhatian pada hal yang remeh temeh. Walau kemudian sepertinya terasa ada yang berlebihan dalam menyikapinya.

Seharusnya aku perlu menegaskan pada diriku apa perlu hal semacam begitu perlu diurus sampai seperti itu. Bukankah terlalu menguras energi sebenarnya kalau sampai terlalu berpikir semacam ini. Apalagi saat urusan yang belum beres itu butuh perhatian lebih.

Sangat ingin menyalahkan keadaan sebenarnya. Tetapi ya begitulah yang terjadi. Keadaan terbentuk bukan atas skenario yang berniat untuk membatasi. Ia malah tak jarang terbentuk oleh akibat dari sikap diri. Keadaan mengharuskan diri untuk menerimanya mau tak mau. Bagaimana bisa ia disalahkan?

Maka, terasa benar sensitivitas diri meningkat. Terlalu mudah tersinggung. Terlalu mudah mengeluh. Terlalu lancang berekspresi. Kendali diri mulai mengendur dan semakin banyak kejadian yang menunjukkan fenomena demikian.

Ah diri, kenapa kau jadi sensitif seperti ini? Kau tahu kesensitifan yang tidak pada tempatnya itu hanya akan memperunyam masalah yang sudah ada. Ya, kau berhak untuk mengungkapkan segala ketidaknyamanan dan perasaanmu. Akan tetapi, keadaan akan selalu memberikan batasan padamu akan waktu yang tepat untuk kesensitifan semacam itu…

(Painan, 11 Januari 2014)

Iklan

6 thoughts on “sensitivitas meningkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s