akibat dari kesalahan di masa lalu

Semuanya menjadi kacau bukan? Semuanya menjadi terasa begitu menghimpit tidak? Semuanya menjadi penyesalan yang semakin membuat merana ya kan?

Begitulah yang terjadi jika terlampau abai dan kelewat asal dalam melakukan pada semua yang dikerjakan. Sudah keberapa kalinya kekacauan macam ini ditemui kembali? Kalau saja kesemuanya telah direncanakan dengan matang dan diatur dengan baik, kemungkinan terpuruk seperti ini kecil terjadi kembali.

Sekarang emosi begitu meluap. Ingin menyalahkan ini itu. Ya memang, situasi tidaklah sebagaimana yang diharapkan. Tetapi muara persoalannya sudah jelas dari mana asalnya.

Dari dirimu! Ya, persoalan itu muncul dari dirimu! Tidak ada yang berubah dari perangai burukmu, wahai diri! Camkan apa yang telah kaudapat dari pelajaran di masa lalu? Apa? Tidak ada sepertinya yang membekas untuk menjadikanmu lebih baik.

Terasa sekali begitu sesal ini ada dalam batin. Kenapa masih saja susah untuk berubah. Apa kurang pengalaman tak menyenangkan yang dulu dialami? Apa yang sebenarnya salah dari diri ini?

Kesalahan-kesalahan itu seakan menjadi hantu yang tak henti membayangi dan menakuti. Satu demi satu ia terkuak dan membuat deraan yang menyakitkan. Ketegaran dalam menghadapinya perlu diperkuat. Hanya saja seorang diri terasa begitu tak berdaya rasanya. Butuh dukungan tetapi yang ada hanya diri sendiri tanpa siapapun.

Kini, menghadapi kesemuanya itu dengan mental yang sudah terkoyak-koyak. Sesekali melarikan diri dengan semacam kesenangan yang sesaat agar tak terlampau larut dalam perasaan ini.

Tak bisa semuanya beres diselesaikan dalam sekejap waktu. Butuh waktu dan biarkan aku dapat memahami kembali pelajaran berharga dari kesalahan-kesalahan yang tertumpuk dari masa lalu ini

(Painan, 30 Desember 2013)

Iklan

15 thoughts on “akibat dari kesalahan di masa lalu

  1. manusiawi banget.
    solusi bisa dicari. seperti nasi sudah menjadi bubur, bukan lantas dibuang, tapi dicarilah pelengkap untuk bubur agar nikmat disantap
    *efek sarapan bubur*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s