angka tahun yang mengganggu

Satu, dua, atau tiga tahun lagi… Angka yang terlalu mengganggu. Banyak orang yang begitu rigid telah merencanakan mau jadi apa dirinya pada rentang waktu ke depannya. Bicara mengenai tahun-tahun yang akan dijalani itu rasanya terlalu sensitif bagiku saat ini.

Empat, lima, atau enam tahun lagi… Apa yang mungkin berubah? Atau ternyata akan terkekang oleh situasi yang serba sama? Rasanya takut sekali oleh momok yang bernama “stagnan” itu. Apalagi jika kuasa diri ini hanyalah secuil belaka, tak banyak yang dapat dilakukan untuk menentukan apa yang akan dirasakan pada angka tahun semacam itu….

Tujuh, delapan, sembilan, atau angka tahun macam apalagi… Atau mungkin waktu akan memberikan pelajaran berharga bagiku? Dia akan menjadikanku lebih tepat dalam memutuskan, lebih bijak dalam menentukan, lebih lapang dalam menerima. Kedewasaan itu butuh waktu. Untuk dapat memahami mengenai segala apa yang terjadi dalam hidup pun juga tak bisa instan langsung dimengerti. Butuh waktu.

Tahun akan terus berjalan. Semua kemungkinan itu bisa jadi nyata-nyata akan terwujud. Ya, untuk momen saat ini, membayangkan tahun-tahun ke depannya itu terasa mengganggu. Di saat sekarang ini tak bisa dipungkiri ada hal-hal yang disesali dan ada pula sebenarnya yang sangat patut untuk disyukuri. Maka, tak salah jika ada yang berkata “Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the present”…

Baiklah, jalani dulu hidup ini dengan apa yang ada. Hidup ini maju, bukan mundur ke belakang. Hidup ini maju, bukan untuk selalu menebak-tebak apa yang terjadi di jalan yang ada selanjutnya….

Painan, 4 Desember 2013

 

Iklan

27 thoughts on “angka tahun yang mengganggu

  1. mas nanas…jalan terbaik sudah ada di depan mata…masih ada kesempatan lain yang bisa kita raih….bukan hanya di “sana” ataupun di “sini” saja….jadi ingat seorang teman di lubuk linggau yang berujar untuk keluar dari zona perang “ujung tanduk” ini…siapkah kita?

    who knows…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s