menjadi ceria itu meringankan beban

Masalah itu tetaplah masih berupa masalah. Masalah tidak akan selesai kalau tidak segera diselesaikan. Masalah pun tak perlu sebenarnya ada wajah yang cemberut dan terus bersungut-sungut pening memikirkan jalan keluar. Ah, ekspresi semacam itu, memang secara biasanya muncul dengan sendirinya. Namun, apakah dengan semacam ekspresi seperti itu akankah membantu menyelesaikan masalah?

Ekspresi semacam itu cenderung menjadi beban. Beban ini menghantui dan memperberat masalah jika terlarut sebegitunya dalam bentuk emosi ini. Ya, jika perasaan tak dapat dialihkan pada sesuatu hal yang lebih bermanfaat untuk menyelesaikan masalah, maka ratapan dan penyesalan yang terus menggelayuti hingga tak tentu akhirnya. Lalu kapan masalah akan diselesaikan jika sampai lupa dan larut dalam kesedihan yang tidak jelas itu?

Menjadi cerialah! Ya, jadilah orang yang mempunyai kekuatan untuk ceria teramat sangat. Karena ceria akan meringankan beban. Ekspresi beban itu harus dilawan dengan ekspresi antinya. Apalagi kalau bukan keceriaan? Ia akan membawa nuansa yang lebih meregang dan meleluasakan pikiran perasaan untuk lebih terbuka dengan penyelesaian masalah.

Namun, tetap harus diingat, kendalikan keceriaan itu. Jangan sampai malah keceriaan itu menjadi bentuk pelarian yang juga melupakan masalah. Masalah tetap harus diselesaikan dengan keseriusan mencari solusi. Ceria ini diperlukan agar menghindari ekspresi membebani yang sifatnya justru memperberat masalah.

Begitulah kekuatan keceriaan itu. Apa bagusnya harus menunjukkan kesedihan dan penyesalan yang begitu dalam. Itu tak perlu! Dunia belum berakhir, itu kata banyak orang. Cerialah dan sambutlah dunia ini dengan kebahagiaan agar semuanya menyambut dengan kebahagiaan yang sama terpancar dari dirimu…

(Painan, 8 September 2013)

terinspirasi dari kisah yang dipetik dari film “Jab We Met”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s