kealamian inilah yang seharusnya dijaga

Begitu banyak pesona alam yang telah diberikan Tuhan kepada manusia di bumi ini. Berbagai macam pemandangan yang terbentuk dengan sendirinya memanjakan mata-mata manusia dan tergoda untuk menikmatinya. Alam ini memang menyimpan berjuta pesona yang bahkan pun mungkin tak akan habis-habisnya manusia akan temukan.

Pesona alam dengan kealamiannya inilah yang membuat manusia berada pada titik kenyamanan dan memodifikasinya untuk dapat membuatnya merasa jauh lebih nyaman lagi dengan pemenuhan segala kebutuhannya saat berada di surga duniawinya itu.

Modifikasi alam. Alam yang semula terbentuk dengan alami oleh kuasa Tuhan kini terutak-atik oleh tangan-tangan dingin manusia. Membangun ini itu demi keterjangkauan surga duniawi yang ia rasakan. Orisinalitas pesona ini kemudian tak lagi sama, bahkan yang sering terjadi adalah memudar dengan sendirinya dan ya keajaiban alam yang semula didengung-dengungkan itu akan menjadi isapan jempol belaka.

Kealamian inilah yang seharusnya dijaga. Manusia adalah khalifah yang diamanahkan merawat bumi, bukan untuk merusaknya. Jika memang dibutuhkan sarana penunjang untuk menjangkau kebutuhan selama menikmati pesona alam, kesemuanya itu haruslah memperhatikan keseimbangan keharmonisan alam yang harus dijaga, jangan sampai rusak semata karena tergerus oleh keserakahan keuntungan. Pesona alam adalah hal yang berharga pada bumi ini dan menjaganya termasuk bagian dari amanah Tuhan kepada manusia…

*menyarikan pesan tersirat dari penggalan cerita pada Novel Agustinus Wibowo berjudul “Titik Nol” dan terinspirasi juga oleh pembangunan area wisata pada Kota Painan

(Painan, 7 September 2013)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s